Senin, 28 Maret 2011

MotoGp 2011 di kawal safety car BMW M1 Coupe




BMW Seri 1 M Coupe mendatang akan bertugas resmi sebagai Safety Car di musim balap MotoGP 2011. Safety Car BMW M1 Coupe ini merupakan satu-satunya kendaraan yang dibuat oleh BMW Divisi M khusus untuk kejuaraan balap motor dunia tersebut.

Produsen mobil Bavaria ini menyatakan bahwa Safety Car itu hanya dibekali kekuatan sebesar 340 hp yang disajikan oleh mesin 6 silinder segaris twin turbo dan seluruh perangkat drivetrain-nya tidak berbeda dengan model produksi yang akan diluncurkan akhir April nanti.

Safety Car lebih ringan dibanding model produksinya berkat serangkaian upaya penghematan bobot seperti pemasangan bonnet dengan tambahan ventilasi udara yang terbuat dari serat karbon. Mobil kian ringan lewat penggantian jendela samping dan belakang dengan bahan polycarbonate serta disingkirkannya jok bagian belakang.

Tim BMW M juga mengembangkan knalpot balap berbahan titanium yang tidak hanya ringan, tetapi juga mampu menyajikan suara yang lebih 'merdu'. Mereka juga menambahkan splitter terintegrasi pada bagian sisi bawah apron depan dan sayap belakang yang dapat disetel untuk menambahkan gaya tekan (downforce).

Untuk menjaga tradisi sebagai Safety Car, kendaraan ini juga dibekali lampu berkedip menggunakan LED yang menyatu dengan gril depan, ditambah velek hitam pekat berukuran 19 inci  yang dilapisi ban berdimensi 155/35 di bagian depan dan 285/30 di bagian belakang.

Untuk melindungi pilot dan co-pilot, BMW Divisi M membekali kendaran ini dengan safety rollover cage yang dibaut di belakang pilar B, menggantikan posisi ruang yang ditinggalkan oleh jok belakang.Perlengkapan lainnya berupa roda kemudi (M steering wheel) dilapis kulit Alcantara, sepasang jok racing dengan safety belt 6 titik serta perangkat pemadam kebakaran.

BMW juga menyatakan bahwa mereka telah mengubah suspensi BMW M1 Coupe yang kini memiliki fitur adjustable race track yang dikombinasi setingan sasis sport di mana peredaman dapat disetel secara independen mulai dari setelan bamp maupun rebound.

Untuk mengimbangi peningkatan kemampuannya dibanding versi standar produksi, bagian penghenti laju kendaraan pun diganti dengan sistem rem balap 6 piston fixed-calliper yang dipercaya mampu menyajikan performa penghentian akurat.

Selain Safety Car BMW M1 Coupe, BMW memiliki beberapa mobil lain di seri balap MotoGP 2011 ini. Diantaranya adalah dua unit cadangan Safety Car berupa BMW X6M dan BMW M3, sebuah BMW 535i Touring yang bertugas sebagai Medical Car,  sebuah X5 M untuk petugas keselamatan dan X6 ActiveHybrid untuk panitia, serta dua Safety Bikes berupa BMW S1000RR dan HP2 Sport. (OL-07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar